SENAM HAMIL

Ibu Hamil terutama pada kehamilan pertama biasanya sering gelisah dan tak jarang membuat stress. Meskipun kehamilan itu membuat perasaan bahagia bagi seorang wanita, namun juga membuat kegelisahan ketika memikirkan saat-saat persalinan. Nanti sakit nggak ya, nanti bayi saya lahir normal nggak ya, nanti terjadi sesuatu yang membayakan nggak ya…? Seabrek pertanyaan-pertanyaan sering mampir dibenak wanita yang sedang hamil terutama bagi ibu muda.

Oleh karena itu maka muncullah latihan yang dinamakan Senam Hamil atau Pregnancy Exercise. Tidak ada salahnya anda mencoba senam hamil ini selain berdoa dan menenangkan diri untuk menghadapi saat persalinan. Manfaat senam hamil itu banyak sekali diantaranya adalah menjaga kebugaran fisik, relaksasi otot-otot tubuh terutama otot-otot yang berhubungan dengan organ persalinan, selain itu tentunya akan memperkuat mental dalam menghadapi persalinan.

Berikut ini contoh Gerakan Senam Hamil yang patut anda coba, namun sebelum melakukan senam hamil baik dilakukan sendiri maupun bimbingan dari instruktur sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan, jangan sampai senam hamil berdampak buruk terhadap kehamilan, misalnya membuat posisi janin yang tadinya normal menjadi tidak normal dan lain sebagainya.
1. Persiapkan alat-alat senam terutama matras empuk dan bantal untuk mengelimir tekanan bagian tubuh ke lantai yang keras. Sebelum melakukan senam hamil lakukanlah pemanasan ringan agar otot-otot yang kaku menjadi lentur sehingga siap melakukan senam hamil. Pemanasan bisa anda lakukan dengan dengan memutar-mutar leher, mematah-matah leher kesamping kanan kiri, menggerakkan tangan memutar atau menggerakkan kedepan kebelakang secara berulang, memutar-mutar pinggul dan lain sebagainya, ingat ya lakukan gerakan dengan ringan saja.

2. Sering wanita yang hamil mengalami bengkak di kaki, nah berbaringlah diatas matras dan kepala dibantal, gerakkan telapak kaki anda kedepan dan kebelakang sampai tak terasa kaku lagi. Lakukan juga dengan menekuk-nekuk kaki satu persatu secara bergantian sehingga posisi lutut diatas tarik dan lepaskan kaki kedepan dan kebelakang tanpa menganggkat telapak kaki, peregangan kaki dan telapak kaki jika dilakukan secara rutin dapat menghindari terjadinya kaki bengkak.

3. Untuk memperkuat otot paha, berbaringlah menghadap keatas dan angkat kaki anda keatas naik turun kurang lebih 45 derajat, lakukan mengangkat kaki ini secara bergantian.
4. Saat persalinan normal, mengejan adalah wajib karena tanpa mengejan maka bayi tidak akan bisa terdorong keluar, mengejan ini membutuhkan energi dan tenaga ekstra sekaligus anda harus menahan sakit, oleh karena itu anda perlu melakukan latihan sebelum saat persalinan tiba. Berbaringlah terlentang, angkat kedua kaki dan peganglah lutut atau kaitkan tangan anda dibawah lutut yang terangkat, berlatihlah mengejan secara ringan dan terus menerus. Mengejan ini kelihatannya gampang namun jika tidak dilatih akan sulit dilakukan, sering terjadi ketika mengejan kehabisan napas, sehingga dorongan untuk mengeluarkan bayi tidak maksimal karena kehabisan tenaga.
5. Sering juga saat hamil terasa nyeri dipinggang, lakukanlah posisi seperti merangkak, buka kedua kaki, turunkan tangan bertubu pada daerah siku yang agak menyamping, posisikan kepala anda dimatras menghadap kesamping, turunkan posisi dada kebawah sampai ke matras, posisi ini lakukan secara rutin sampai agar otot-otot punggung dan pinggul menjadi lemas.
6. Untuk memperkuat otot dan melemaskan otot paha dan daerah pangkal paha, posisikan tubuh anda seperti merangkak, angkat kaki dan luruskan kebelakang tahan sebentar dan turunkan dalam posisi menekuk bertumpu pada lutut, lakukan secara bergantian.
Banyak sekali sebetulnya gerakan senam hamil, contohnya seperti gambar-gambar diatas, demikianlah Manfaat Senam Hamil dan Gerakan Senam Hamil yang dapat anda lakukan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s